Sunday, May 27, 2012

Defenisi atau Pengertian Internet Secara Umum

Zaman modern indentik dengan teknologi di segala bidang, salah satu nya adalah Internet. Sebagian besar (orang awam) ada yang berangapan internet adalah semacam permainan canggih ada juga bilang internet tempat cari ilmu pengetahuan (sumber informasi serba ada, malah mungkin ada yang beranggapan internet itu tempat chatting dan lain-lain. Mungkin anggapan-anggapan tersebut di ambil berdasarkan kebiasaan atau yang dia lakukan dalam menggunakan teknologi internet. Ya... tidak ada yang salah terhadap asumsi-asumsi mengenai internet tersebut, sebab asumsi-asumsi itu merupakan bagian dari pada internet itu sendiri. Padahal internet sendiri merupakan suatu istilah rangkuman dimana banyak intstrumen (bagian) yang terlibat di dalamnya baik itu hadware, software dan tentu nya sumber daya manusia (SDM).

Di sini penulis mencoba menjelaskan secara umum pengertian internet itu sendiri dan apa saja yang terlibat dengan pengertian istilah internet (walaupun) tapi tidak menjelaskan secara detail bagian (perangkat) dari internet, sebab penulis bukan lah seorang berlatar belakang IT.


DEFENISI atau PENGERTIAN INTERNET

Internet merupakan suatu singkatan dari istilah asing yaitu terdiri dari dua kata interconnection-networking (internet). Dimana pengertian 
  • interconnection adalah hubungan antara jaringan berbeda,  dengan kata lain jaringan dengan jaringan saling terhubung. (simple nya server dengan server yang berbeda tempat, daerah, kota, ataupun negara)
  • networking (jaringan) adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan saling terhubung (terkait) nya antara dua komputer atau lebih yang tujuan nya adalah saling (sharing) berbagi data.
 Berdasarkan penjabaran diatas maka pengertian internet itu ada dua jenis yaitu menggunakan "i" (huruf kecil) dan "I" (huruf besar) :

internet :


internet dengan "i" (huruf kecil) suatu sistem yang dirancang menghubungkan antara jaringan-jaringan terbatas, seperti perusahaan/pemerintahan yang memiliki jaringan sendiri dan hanya dipakai atau digunakan terbatas kepada kalangan sendiri (private) dan tidak berhubungan dengan jaringan di luar dari pada perusahaan/pemerintahan situ sendiri.

Internet :


 Internet  dengan "I" (huruf besar) yang di kenal secara umum sekrang adalah suatu sistem yang dirancang untuk menghubungkan antara jaringan-jaringan yang berbeda di seluruh dunia. Dengan menggunakan standart  yang telah disepakati (standart international) sebagai protokol pertukaran paket/data yaitu TCP/IP ( packet switching communication protocol/Internet Protocol).


Catatan :
  • Server : komputer yang dirancang untuk melayani (reguest) dan mengirimkan data kepada komputer lain (client) melalu local network atau internet

No comments: