Thursday, April 14, 2011

Wabah Ulat Bulu


Wabah ulat bulu uda menyebar ke beberapa daerah bukan di pulau jawa saja tetapi sudah kebeberapa pulau di indonesia. Jenis ulat bulu yang lagi mewabah di indonesia yang diterima LIPI adalah Lymantria marginalis, Arctonis species (belum tahu genusnya), dan Cyana veronata.



Apakah wabah ulat bulu ini hal biasa atau tidak ? saya juga tidak begitu paham, menurut pemberitaan di media tv,  meledaknya populasi merupakan kejadian yang biasa, dimana hal tersebut karena iklim mendukung perkembang biakan ulat bulu tetapi iklim saat ini menekan perkembang biakan predator alami ulat bulu.

tetapi yang menjadi masalah adalah mengapa wabah ini sulit diatasi oleh Pemerintah indonesia atau Departemen/instansi/dinas yang biasa menangani hal-hal seperti ini.

Apakah dengan alasan bahwa iklim lah yang menyebabkan wabah ulat bulu bisa dibenarkan? ooohhh Tidak Bisaaa (Katanya Sule).
Apalagi di beberapa daerah memang hal wabah ulat bulu dalam beberapa tahun akan muncul, tentu saja para instansi terkait sudah mengerti dan paham betul bagaimana cara antisipasi wabah ulat bulu ini. ("seharusnya!!")

Jadi selamat bergatal gatal masyarakat Indonesia.

1 comment:

Top 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia said...

Kayak kena tulah saja tuh. Serbuann ulat bulu :)