Sunday, June 24, 2012

Menggunakan SEO Sederhana | Simple SEO Blog

Untuk memulai tentu saja anda harus memiliki web atau blog, hehee... Kalo gak ada buat apa tahu seo. Baiklah yang pertama yang harus anda miliki adalah sudah jelas di atas kan. Selanjut nya bagaimana?
  1. Mulai lah posting atau membuat artikel.
  2. Jangan pikirkan (dont think about keyword stuff) tentang keyword tapi perhatikan dengan judul postingan atau artikel. 
  3. Think about content. lagak nya pake bahasa inggris wkwkwkwkw. Tapi itu benar, anda harus pikirkan tentang isi dari pada postingan anda. Thats the right thing.
  4. and Nail your content to post title. weleh... benar gak tuh bahasa inggris nya, maksud saya adalah Judul dan isi harus saling berhubungan. Jangan seperti pepatah "jaka sebung pake golok gak nyabung goblok" jangan seperti saya ini.
  5. Now think about keyword. walah piye toh iki.. tadi katanya jangan think about keyword. wkwkwkwkw.. Di sini maksud saya adalah jangan mengulang-ulang kata-kata yang ada di judul postingan anda. Sebab search engine akan menganggap spam, apalagi si google.
Nah sekarang tentang kerangka blog atau web anda harus di benahin, kata orang bule seo friendly site.. tau dah itu arti nya apaan. 

Gimana sih cara supaya friendly site, Ok kita lanjutkan setelah iklan berikut.... hehehehehe... :)
Baiklah begini caranya :

Crawlability dan struktur dari site kita, apa pulah lah si craw itu?
Yang di maksud dengan crawblability adalah halaman saling terhubung sehingga search engine bisa mengindeks dari satu halaman ke halaman laen. Minimal satu page harus ada. Biasa nya si para master di blog pake sitemap.xml

On Page Seo
Banyak orang pikir on page seo sama dengan one page seo, weleh... silakan google deh pasti banyak yang mengartikan on page sama dengan one page.

On page seo is mean anda membuat suatu content dengan bahasa yang baik dan benar serta menggunakan anchor text yang tepat juga sesuai dengan deskripsi (meta descritption) yang ada pada halaman home page atau halaman index (Nail to hompage).

One Page Seo anda mengoptimalkan content dan membuat meta description yang berbeda-beda dengan halaman home page maupun dengan halaman lain (stand alone optimize). Contoh nya seperti halaman-halaman Riview dan di postingan yang laen tentang berita news atau tutorial. Tentu setiap postingan tersebut memiliki strukture yang berbeda-beda.


Links

 Bicara tentang links emang rada-rada rancu di seputar serps index. Penting atau tidak. Tapi saya saran kan tidak usa berburu backlink. kalo pun ingin membangun strukture backlink anda sebaik nya menggunakan home page atau domain anda saja.

sampe disini dulu tentang seo sedeharna. Masalah teknis simple seo lanjut di postingan selanjutnya tentang robot.txt, template blog, serta microdata markup.